Jendela Kosan
Meteorologi

Luke Howard dan awannya

Luke Howard
       Halo sobat, seperti yang kita tahu bahwa awan terbagi menjadi berbagai jenis dan memiliki nama yang berbeda-beda. Cirrus, cumulus, stratus adalah klasifikasi penamaan dasar awan yang yang telah digunakan selama 200 tahun. Namun tahukah kamu siapa orang yang mencetuskan klasiikasi awan tersebut?
       Nama awan tersebut dikenalkan pada Desember 1802 oleh Luke Howard. Luke Howard adalah seorang ahli manufatur kimia dan seorang meteorologist. Pria kelahiran London 28 November 1772 ini, Luke tidak pernah dilatih sebagai ahli meteorologi atau ilmuwan terlatih, tetapi ia adalah penggemar cuaca nyata dengan minat seumur hidup pada meteorologi. 
awan luke howard
Selama 30 tahun (bahkan sumber lain menyebutkan selama 40 tahun)  Luke mempertahankan ke akuratan dalam data pembacaan thermometer dan barometer dan penganatan visual yang sangat akurat. Selain itu luke juga menjadi orang yang berhasil mengklasifikasikan awan yang ia tulis dalam essaynya dengan judul “Modification of Clouds” Karena dedikasinya itu luke pun dikenal sebagai “father of our modern cloud classification system”
       Sistem klasifikasi awan Luke dengan cepat diterima secara luas di kalangan ilmuwan Eropa dan memengaruhi banyak pelukis, penyair, dan filsuf. Bahkan, Luke membuat sketsa bentuk awan yang sangat banyak di cat air sendiri.
       Luke Howard juga yang pertama kali mempublikasikan tentang iklim kota, menemukan efek pulau panas perkotaan dan kabut kota (lebih dikenal sebagai kabut asap). Prestasi lainnya dari luke yaitu Tujuh Kuliah Meteorologi Luke Howard (1837) diterbitkan sebagai buku teks meteorologi pertama. Luke Howard meninggal pada 21 Maret 1864 di London.
Luke howard
       Walaupun beliau telah tiada namun jasanya dalam bidang meteorolgi akan tetap ada membantu kita memahami ilmu meteorologi. Terima kasih Luke Howard

Similar Posts