TulisanKu

Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Semangat Belajar Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan

Sebagai seorang mahasiswa sudah seharusnya kita memiliki semangat dalam belajar. Namun, ternyata ada banyak aspek yang mempengaruhi semnagat belajar. Muryono (2000) juga mengungkapkan ada dua hal yang mempengaruhi semangat belajar antara lain faktor internal meliputi faktor fisiologis dan psikologis, sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga yang berhubungan dengan status sosial ekonomi keluarga, pendidikan, perhatian orangtua, lingkungan sekolah yang menyangkut sarana dan prasarana, kompetensi pengajar, siswa, kurikulum, dan kualitas belajar mengajar, serta lingkungan masyarakat yang berhubungan dengan sosial budaya dan partisipasi terhadap pendidikan. Jadi, dapat disimpulkan ada banyak faktor yang mempengaruhi semangat belajar peserta didik (mahasiswa).

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh responden dari masing-masing angkatan sebanyak :

Gambar 1.1 Presentase Bersasarkan Angkatan

Pertanyaan 1, Apakah kata-kata motivasi mampu membangkitkan semangat belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.2 Presentase Pertanyaan 1

Persentase yang memilih “Ya” adalah persentase yang tertinggi. Sehingga, dapat disimpulkan beberapa mahasiswa ITK meyakini kata-kata motivasi dapat mempengaruhi semangat dalam belajar.

Pertanyaan 2, Apakah anda mendengarkan musik saat belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.3 Presentase Pertanyaan 2

Persentase yang memilih “Terkadang” adalah persentase yang tertinggi. Sehingga, dapat disimpulkan beberapa mahasiswa ITK terkadang mendengarkan musik saat belajar untuk meningkatkan semangat belajar.

Pertanyaan 3, Menurut anda, apakah teman dapat mempengaruhi semangat anda dalam belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.4 Presentase Pertanyaan 3

Persentase yang memilih “Ya” adalah persentase yang tertinggi. Sehingga, dapat disimpulkan sebagian besar mahasiswa ITK beranggapan bahwa teman dapat mempengaruhi semangat dalam belajar.

Pertanyaan 4, Sistem belajar manakah yang membuat kamu tambah semangat dalam belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.5 Presentase Pertanyaan 4

Persentase tertinggi terdapat pada pilihan “Belajar sendiri di kos/rumah” dan disusul oleh pilihan “Belajar bersama teman di kos/rumah.” Sehingga, dapat disimpulkan bahwa beberapa mahasiswa ITK menyukai belajar sendiri di kos/rumah dan beberapa yang lain menyukai belajar bersama teman di kos/rumah.

Pertanyaan 5, Menurut anda, apakah jumlah mahasiswa dalam satu kelas dapat mempengaruhi semangat dalam belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.6 Presentase Pertanyaan 5

Persentase yang memilih “Ya” adalah persentase tertinggi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa ITK setuju jumlah mahasiswa dalam satu kelas dapat memengaruhi semangat dalam belajar.

Pertanyaan 6, Menurut anda, apakah dosen dapat mempengaruhi semangat anda dalam belajar?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.7 Presentase Pertanyaan 6

Persentase yang memilih “Ya” adalah persentase yang tertinggi. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa ITK setuju dosen dapat memengaruhi semangat dalam belajar.

Pertanyaan 7, Media pembelajaran apa yang anda sukai yang dapat menambah semangat belajar anda?

Berdasarkan form yang kami buat, kami memperoleh :

Gambar 1.8 Presentase Pertanyaan 7

Persentase tertinggi terdapat pada pilihan “Youtube” kemudian disusul oleh pilihan “Buku”. Sehingga, dapat disimpulkan sebagian mahasiswa mahasiswa ITK lebih menyukai media pembelajaran berupa youtube dan buku.

Similar Posts